Home » , , » Nasib akik vs nasib ikan louhan

Nasib akik vs nasib ikan louhan

Baca Juga

Apakah nasib akik vs nasib ikan louhan akan sama ?. lho kok jauh amat membandingkan batu akik dan ikan. Bukannya nggak nyambung tapi memang jauh melenceng dari bentuk maupun jenisnya. Namun, bukan itu yang ingin saya cerita dan ungkapkan dari uneg-uneg yang belum saya tuliskan. mau tahu uneg-uneg saya tentang ikan dan akik ?, yuk ikuti sedikit ceritanya.


Sudah bukan rahasia umum kalau sekarang ini Indonesia sedang booming batu akik. kemana-mana kebanyakan kaum adam membicarakan batu yang konon katanya ada khasiatnya. Para penjaja batu akik di setiap kota yang dulunya sepi sekarang menjadi berkah tersendiri bagi mereka. Dalam hati ini bertanya-tanya, apakah nanti nasib ketenaran batu akik ini cepat memudar seperti jamannya ketenaran si Ikan nonong alias ikan louhan ?. itiu sebenarnya pertanyaan yang selalu berkecamuk di hati saya juga mungkin sobat semua. 

Ada jawaban logis dan masuk akal, yang ternyata persis apa kata teman saya dan juga kata hati saya sendiri. Ternyata jawabannya 'tidak sama'. ketenaran Batu akik diprediksi tidak cepat memudar alias tidak tertelan zaman. Kok begitu?begini jawaban logisnya

1. Batu akik sebagaimana kita ketahui adalah hasil tambang yang tidak dapat diperbaharui. sedangkan ikan louhan dalam peranakannya bisa dikawin silang. maka dari itu ikan louhan dengan cepat 'ambles' dari ketenarannya karena semakin bantak variannya.

2. Varian batu akik tentu tidak bisa dikawin silang atau dicampur-campur seperti ikan. itulah mengapa semakin langka batu akik dan motifnya semakin mahal dan sangat sulit dicari yang sepadan, lain kan dengan si ikan ?

3. semakin lama dan semakin tua jaman berganti, batu akik yang sudah ditambang akan tetap seperti akik pada awalnya. disimpan semakin lama semakin langka dan semakin diburu para kolektor. tentu lain dengan nasib si louhan.

Nah itu salah satu diantara banyak jawaban mengapa batu akik diprediksi lama bertahan dan tidak pernah pudar ketenarannya dibanding ikan louhan. sekali lagi jawaban diatas adalah uneg-uneg saya pribadi, bagaimana dengan pendapat sobat ?