Home » » Tips Memilih Smartphone Yang Baik

Tips Memilih Smartphone Yang Baik

Baca Juga

Di zaman modern menyerupai sekarang ini, banyak smartphone yang menunjukkan kemampuan yang lebih dari cukup dengan harga yang relatif murah. Smartphone belakangan ini menjadi fenomena bahkan menjadi kebutuhan pokok di masyarakat kita, apalagi fitur internet yang ditawarkan memudahkan kita untuk berselancar di dunia maya, mengakses banyak sekali gosip terbaru di internet.


Inilah yang mengakibatkan smartphone mengalami peningkatan penjualan dibandingkan dengan ponsel biasa yang memiliki banyak kekurangan untuk internetan. Produsen ponselpun beramai - ramai menunjukkan produk - produk dengan harga yang bersaing.
Nah berikut ini kami team teknatum blog akan menyampaikan sedikit Tips memilih smartphone sebagai gosip anda untuk memilih smartphone android untuk menemani keseharian anda.

1. Perhatikan prosesor yang digunakan
Prosesor merupakan otak dari sistim kerja smartphone kita. Keberadaanya sangat penting dan menyampaikan pengaruh yang besar dalam kinerja ponsel. Kita harus memilih smartphone yang memiliki Central Prosesor Unit ( CPU ) lebih tinggi dari Quad Core 1.3 GHz atau bahkan diatasnya yang lebih baik yaitu Octacore 1.5 GHz. Karena semakin besar kecepatan speed dari CPU maka akan semakin baik kinerja smartphone tersebut.
Berikut ialah urutan CPU atau Prosesor berdasarkan speed clock dari urutan terendah ke yang tertinggi yaitu Single Core ( 1prosesor ),Dual Core ( 2prosesor ),Quad Core ( 4prosesor ),Hexa Core ( 6prosesor ) dan prosesor terbaik yang ketika ini sudah keluar yaitu Octa Core ( 8prosesor ). Dalam prosesor perhatikan juga kecepatan clock ( GHz ) prosesor. Semaki  tinggi kecepatanya maka semakin baik performanya.

2. Pilih sistim operasi yang digunakan
Saat ini ada sekitar empat sistim operasi mobile yang beredar di masyarakat yaitu Android,Blackberry,Windows Phone dan IOS, yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Sistim operasi android ketika ini yang paling banyak dibenamkan kedalam smartphone karwna sifatnya yang terbuka ( Open Source ), menjadikanya bisa dengan mudah diadaptasi dengan penggunanya. Selain itu android juga menyediakan aplikasi dan game yang bervariatif dan bisa di unduh secara gratis. Namun sayang, OS android ini rawan terhadap serangan virus.



Berikut ialah urutan OS android mulai dari yanb terendah hingga tertinggi yaitu Cupcake (Android 1.5),Donut (Android 1.6),Eclair (Android 2.0 - 2.1),Froyo (Android 2.2 - 2.2.3),Ginger bread (Android 2.3 - 2.3.7),Honey comb (Android 3.0 - 3.2.6),Ice Cream Sandwich (Android 4.0 - 4.3),Kitkat (Android 4.4+),Jelly Bean (Android 5.0),hingga yang paling gres yaitu Marshmallow (Android 6.0).

Sedangkan Blackberry merupakan OS mobile yang mengutamakan privasi dan keamananya dan cocok untuk para pelaku bisnis. Sistim operasi mobile lainya ialah iPhone, yang mengandalkan kualitas dari segi tampilan keamanan dan privasi. iPhone ialah hasil karya dari apple, perusahaan smartphone berkelas dunia yang produknya sangat diminati oleh kalangan atas, jadi wajar kalau harga iPhone terbilang cukup mahal. Terakhir yaitu Windows Phone, merupakan sistim operasi mobile yang dikenal akan kecepatan dan akomodasi dalam berintegrasi dengan perangkat windows lainya.

3. Pilih smartphone dengan RAM yang ideal
Dalam smartphone, komponen RAM (Random Access Memory) memiliki peran penting dalam kolaborasi dengan prosesor dalam melakuka  pengolahan data. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin leluasa pula prosesor mengerjakan tugasnya mengolah gosip dan kinerja smartphone secara keseluruhan akan semakin baik.

Kebanyakan smartphone yang beredar ketika ini menggunakan ukuran RAM 1GB bahkan lebih, hal ini memang sudah menjadi kebutuhan sistim android dan aplikasi ketika ini.Jika smartphone memiliki RAM kurang dari 1GB, misalnya RAM 512MB atau 768MB maka akan banyak memiliki hambatan mulai dari kinerja yang lambat hingga kegagalan smartphone menjalankan aplikasi tertentu.

4. Kualitas jaringan dan Kamera
Salah satu fungsi smartphone ialah memudahkan anda dalam melaksanakan aktifitas internet. Maka sudah pasti smartphone haruslah mendukung jeringan terbaik untuk internet yakni minimal 3G atau HSDPA atau yang lebih baik lagi yaitu 4G LTE. Untuk fitur kamera hendaknya anda memilih kamera yang memiliki kemampuan fokus yang cepat dan mempunyai Megapixel yang besar. Karean ukuran megapixel yang besar menghasilkan gambar yang detail pada foto,saat dicetak juga menghasilkan hasil yang baik.

5. Daya tahan baterai
Faktor penentu daya hidup baterai yang utama ialah kapasitasnya. Saat ini pada umunya menggunakan satuan mili Ampere hour atau biasa disingkat mAh. Kaprikornus semakin besar kapasitasnya maka daya tahan hidup akan semakin besar pula.


Nah itulah bebrapa gosip mengenai tips memikih smartphone yang bisa kami berikan untuk anda yang masih resah dalam memilih smartphone. Semoa gosip ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhan anda.