Home » , , » Motivasi dari si kecil Laba-laba

Motivasi dari si kecil Laba-laba

Baca Juga

Tentu kita tahu laba-laba bukan ?, Nah buat refreshing kali ini saya akan Post Kisah Motivasi dari si kecil Laba-laba. Dalam prosesnya, Jaring laba-laba yang fungsi utamanya sebagai perangkap mangsa dan tempat berkembang biak .jaring laba-laba di keluarkan oleh alat khusus di ujung ekor si laba-laba itu sendiri. Alat khusus tersebut berbentuk kerucut kecil yang jumlahnya bervariasi antara 1-4 pasang. Melalui lubang itu benang jaring-jaring yang nantinya terbentuk dengan kokohnya dibuat dalam bentuk kelenjar yang dikeluarkan sebagai benang-benang halus.

Di dalam proses pembuatan jaringnya, laba-laba akan melempar benang yang dipintalnya ke udara. Sehingga udara akan membawa ujung benang menempel di tempat yang lain. Sungguh suatu teknik yang tidak bisa dibantah ketepatan dan presisinya. Dan pekerjaan konstruksi jaring laba-laba pun dimulai. Mula-mula benang yang kuat dan tegang akan ditarik dari titik pusat ke arah luar untuk mempersiapkan kerangka jaringnya dengan banyak jari-jari. Lantas ditambahkan pula benang pijakan yang digunakan sewaktu memintal benang spiral. pembuatan jaring-jaring akan selesai setelah benang spiral yang dipintal mendekati bagian tengah. Proses pembuatan jaring laba-laba itu bisa menghabiskan waktu satu hingga dua jam lamanya

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, rupanya dapat kita ketahui bahwa benang jaring yang dikeluarkan laba-laba merupakan bahan material campuran yang terdiri atas kristal dan sebagian lain berasal dari bahan yang elastis. Dari setiap molekul tunggal jaring laba-laba memiliki kedua gabungan campuran itu. Menurut professor Kaplan, professor teknik biomedis Universitas Tufts, zat protein yang menjadi bahan jaring laba-laba disimpan dalam struktur seperti sabun yang disebut pseudomicelle, struktur tersebut membuat zat protein berbentuk seperti agar-agar selama berada dalam kelenjar. Fungsi dari pseudomicelle sebenarnya untuk menjaga agar protein tidak mengkristal terlalu cepat hingga saatnya tepat untuk dipintal.

Bila waktunya sudah tepat dan kekentalan zat protein dirasa sudah pas, makapseudomicelle itu akan dengan mudah berubah menjadi serat yang kuat saat dikeluarkan sebagai jaring. Dalam proses ini, kandungan air sangat diperlukan dan sangat penting, karena pengkristalan yang terlalu dini bisa menyebabkan penyumbatan pada sistem pembuatan jaring di tubuh laba-laba. Jaring laba-laba yang akhirnya telah selesai memiliki ikatan mekanik yang elastis. Jika sedang menerima beban, ikatan mekanik jaring laba-laba akan terlepas, namun jika beban itu sudah menghilang maka wujud ikatan mekaniknya akan kembali seperti semula.

Apa yang mengispirasi dari jarring laba-laba ?

sungguh sangat istimewa. Banyak keajaiban dan kejadian diluar batas keilmuan manusia yang sangat bermanfaat bagi umat manusia seperti kita yang dihasilkan oleh benang-benang halus buatan laba-laba ini. Tak sedikit para ilmuwan yang tertarik untuk meneliti dan memanfaatkan kekuatan jaring laba-laba untuk berbagai kebutuhan, seperti bahan rompi tahan peluru, hingga tali-temali peralatan tempur.

Dengan dilatarbelakangi oleh hasil penelitian para ilmuwan yang menyatakan bahwa benang laba-laba lebih kuat dari serat baja dengan ketebalan yang sama. Padahal, baja sendiri adalah bahan material paling kuat yang kerap digunakan manusia. Dalam penelitian lainnya dinyatakan pula bahwa benang laba-laba memiliki gaya tegang 150.000 kg/m2. Sehingga jika ada seutas tali yang berdiameter 30 cm terbuat dari benang laba-laba, maka benang itu akan mampu menahan beban 150 mobil. Subhanallah! Sungguh kuatnya bahan yang dikeluarkan dari makhluk sekecil laba-laba ini.

Dan lagi, seorang fisikawan bernama Huby Nolwenn dari Institut de Physique de Rennes di Prancis, telah berhasil menemukan fakta bahwa cahaya dapat merambat dengan cepat pada jaring laba-laba seperti merambatnya cahaya melalui serat optik. Dengan penemuan itu, Huby optimis suatu saat nanti jaring laba-laba dapat berfungsi sebagai serat optik dan bisa digunakan dalam bidang medis. Dari segi kebersihan alam, jaring laba-laba mudah didaur ulang sehingga mampu mengurangi potensi limbah elektronik.

Selanjutnya, ilmuwan sendiri sudah tidak segan lagi menggunakan benang laba-laba sebagai model membuat kevlar atau bahan pembuatan jaket anti peluru. Peluru yang memiliki kecepatan 150 m/detik itu mampu merobek dan menghancurkan apapun yang ditembusnya kecuali kevlar. Namun, rupanya benag laba-laba yang justru lebih tipis dari selembar rambut manusia dan lebih ringan dari kapas ternyata 10 kali lipat lebih kuat daripada bahan kevlar yang ada.

Apa yang dapat kita petik dari si Laba-laba ini ?, laba-laba tidak belajar atau mesti mengikuti training khusus dalam membuat jaringnya sendiri. Laba-laba tidak perlu sekolah sampai bertahun-tahun untuk membuat konstruksi hebat sebelum manusia dapat mempelajarinya. Kemampuan laba-laba adalah anugerah yang diberikan oleh Allah Swt sejak mereka lahir. Allah sengaja menciptakan semua hal dimuka bumi ini sebagai bukti bahwa seluruh makhluk hidup dan semua isinya berada di bawah kekuasaan-Nya. Sangatlah naïf kalau kita setiap hari merasa sebagai makhluk yang paling pandai dan paling pintar tanpa tahu kelemahan-kelemahan kita. Belajar dari ciptaan Tuhan sekecil apapun dapat membuka mata hati kita bahwa dalam hidup kita jangan sombong, merasa lebih tinggi, merasa sebagai yang super dan rasa-rasa lain yang tidak sepatutnya kita sebagai Hamba yang lemah untuk berbuat sedemikian. Semoga Inspirasi Rumah laba-laba diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.aamiin