Home » , » Domain Desa wilayah Indonesia

Domain Desa wilayah Indonesia

Sobat semua, ada berita yang bagus yang barusan saya baca di media, bahwa wilayah setingkat desa bisa mempunyai Domain sendiri di belantara dunia maya ini. Berita ini disambut antusias oleh segenap administrator desa di segala penjuru tanah air Indonesia yang ingin desanya lebih dikenal via jalur maya. Domain desa wilayah Indonesia baru saja diluncurkan oleh Pengelola Nama Domain Indonesia ( PANDI).

Pandi akan meluncurkan domain tingkat dua (DTD) yang baru yaitu 'desa.id' pada 1 Mei 2013. Domain ini diperlukan untuk membuat entitas desa yang selama ini belum memiliki domain internet sendiri. Ketua Umum dari Pandi, Andi Budimansyah, mengatakan bahwa domain ini merupakan usulan dari khalayak Indonesia umumnya yang diajukan kepada Pandi.

Dlam hal ini, dalam rapatnya RPDN menyepakati agar usulan ini disampaikan oleh GDM dalam Diskusi Umum Terbuka (DUT) Pandi pada 12 Februari 2013. Usulan ini diajukan ke rapat karena desa sebagai satuan pemerintahan terkecil tidak dapat menggunakan domain go.id. "Menurut peraturan menteri yang berlaku sekarang, domain go.id sekarang hanya dapat digunakan hingga level kabupaten atau kota," jelas Andi.

akhirnya "Usulan ini disetujui secara aklamasi oleh peserta DUT," kata mas Andi. "Setelah disepakati bersama, usulan ini disampaikan kepada Forum Nama Domain Indonesia sebagai pengambil keputusan tertinggi nama domain di Indonesia," tuturnya. Forum Nama Domain Indonesia adalah wadah forum yang dibentuk dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dalam forum ini beranggotakan beberapa pemangku kepentingan nama domain di Indonesia. Selain pemerintah dan Pandi, juga beranggotakan perwakilan asosiasi-asosiasi industri internet, akademisi, dan registrar.

Sebelum dapat dapat didaftarkan di registrar-registrar mulai 1 Mei, Pandi akan melakukan tahapan pra-registrasi pada 15-27 April 2013. Kegiatan pra-registrasi ini umum dilakukan sebelum menorehkan nama domain baru. "Pra-registrasi menjamin semua desa memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftarkan sebuah nama domain sebelum diberlakukan prinsip pendaftar pertama atau yang biasa disebut sebagai first come first serve," imbuh mas Andi.

Domain desa.id diharapkan mampu mendukung pengembangan konten internet Indonesia dari wilayah perdesaan. "Ini sejalan dengan program pemerintah kita untuk mengembangkan internet ke wilayah perdesaan. Kami berharap akan muncul konten-konten khas dan khusus yang berbeda dengan konten saat ini yang didominasi perkotaan," Andi melanjutkan.

Disarikan dari berbagai sumber berita*

21 komentar:

  1. kemajuan yang hebat...saya mendukung nih bang

    ReplyDelete
  2. bisa terkenal ntar desa2 di indonesia

    ReplyDelete
  3. waah baru tahu saya nich sob, domain desa sepertinya memang bagus direalisasikan untuk identitas sebuah Desa

    ReplyDelete
  4. Sudah mencakup disegala tingkatan sekarang internet ya bang patut didukung tuh bang...hahhahyyyy

    ReplyDelete
  5. tapi di tanya dulu, desanya sudah bisa di jamah internet apa belum? atau orangnya sudah bisa internetan apa belum, soalnya di indonesia banyak sekali desa yang tertinggal karena ulah perangkat kabuaten dan kota yang memakan uang otoda

    ReplyDelete
  6. sudah saatnya desa-desa terpencil mengenal internet secara sehat dan informatif, agar tak selalu mengandalkan otonomi daerahnya, terima kasih infonya sob, maju terus Pedesaan Indonesia

    ReplyDelete
  7. teknologi sekarang ini sudah merambah ke desa-desa.. mantaaapp.. :D

    ReplyDelete
  8. nyimak gan....siiplah desa maju jaya.....

    ReplyDelete
  9. persyaratan untuk mendapatkan domain tersebut apa saja gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh...untuk persyaratan saya juga belom membaca mas...hehehe

      Delete
  10. desa tempat ane KKN malah pakai domain .com gan...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. desa saya dong...dot com juga, tapi..sebelumnya ada blogspotnya...keren ngga sih?

      Delete
  11. semoga harganya lebih murah daripada .web.id ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..kalau harga dan persyaratan pasti melebihi mas...xixixi

      Delete
  12. iyah...iyah...iyah...setujuh sayah mah lah...huhuy...sik asik sik asik sik asik....mau punya domain khusus euy.
    Desa Cilembu blogspotnya udah PR 3 loh...halaaah

    ReplyDelete
  13. Artinya Indonesia telah menatap masa depan sebagai bangsa yang maju

    ReplyDelete
  14. wah bisa buat domain desaku nich.............

    ReplyDelete

* Berikan komentar secara Bijaksana dan membangun*
* Spam adalah tindakan tidak terpuji sebagai Blogger Sejati *

Ruqyah syar'i MP3