Home » , , » 11 Fakta Unik Tentang Cicak

11 Fakta Unik Tentang Cicak

Baca Juga

"Fakta Tentang Cicak"
Fakta Unik Tentang Cicak

1. Tidak Ada Cicak yang Berwarna Putih
Pada dasarnya, warna cicak yaitu cenderung ke arah warna coklat, rata-ratanya berwarna abu-abu, hitam dan coklat (atau transparan). Dan kalau anda pernah melihat cicak yang berwarna putih? Hal tersebut biasanya terjadi karena pantulan dari sinar matahari.

2. Cicak yaitu Hewan yang Bisa Berenang
Hal yang sama-sama kita ketahui yaitu cicak sangat berilmu dalam hal merayap, hal tersebut didukung oleh kakinya yang memiliki cairan lengket. Namun di luar dari pada itu, taukah anda ternyata cicak juga memiliki selaput di kaki yang membuat cicak bisa berenang? Memang jarang kita melihat cicak berenang, hal tersebut karena (kebanyakan) cicak menjalani hidup di darat. Namun fakta ini yaitu benar adanya.

3. Jika Terlalu Lama Disentuh, Cicak akan Melemah.
Cicak yaitu hewan yang tidak bisa disentuh oleh tangan insan dalam jangka waktu yang lama. Dan kalau hal tersebut terjadi, badan cicak akan melemah (penurunan kinerja organ vital).

4. Fakta wacana Cicak yang Memutuskan Ekor.
Cicak yaitu hewan yang memiliki Modulla Spinalis, yakni bab utama saraf sentra cicak memanjang dari kepalanya hingga ke ekornya. Itu yaitu alasan mengapa cicak bisa memutuskan ekor. Dan disaat ekor cicak tersebut lepas/putus, Modulla Spinalis cicak akan mengalami sedikit kerusakan, tapi hal ini tidak hingga mensugesti saraf sentra cicak.

Terlebih lagi, pada bab ekor cicak terdapat juga saraf tidak sadar yang membuat cicak tetap bisa dan bisa bergerak walaupun ekornya telah terlepas/putus dari tubuhnya. Fakta Unik lainnya adalah, ekor cicak yang putus tersebut memang akan tumbuh kembali, namun panjangnya tidaklah sama dengan ekor sebelumnya, ekor gres cenderung lebih pendek.

5. Pembentukan Sel Cicak Kurang Sempurna
Pembahasan ini dapat kita lihat dari ekor cicak yang terkadang ditemukan bercabang. Hal tersebut yaitu karena dari perilaku autotomi (pemutusan ekor) pada cicak yang mensugesti pembentukan sel pada pertumbuhan ekor baru.

6. Cicak yaitu Hewan Insectivora
Mengapa Cicak yaitu Hewan Insectivora? Iya, karena cicak yaitu pemangsa serangga.

7. Cicak yaitu Hewan yang Memiliki Tulang Belakang
Meskipun bab belakang cicak terasa lunak ketika kita menyentuhnya; seakan tidak memiliki tulang belakang. Namun demikian, cicak ternyata yaitu hewan yang memiliki tulang belakang.

8. Fakta wacana Kotoran Cicak
Cicak yaitu hewan yang mengolah terlebih dulu makanan yang dia makan sebelum menjadi kotoran. Olahan tersebut terjadi sebanyak 4 hingga 5 kali. Dan setelah diolah, kotoran tersebut akan mengandung pemanis sisa urin (garam amoniak). Hal tersebutlah yang membuat kotoran cicak berbentuk padat dan memiliki bacin yang menyengat.

9. Fakta wacana Cicak dan Obat Asma
Beberapa tempat tertentu dari cicak ternyata bisa digunakan untuk membuat obat terhadap penyakit asma (gangguan paru-paru). Spesies atau jenis ciak yang sering digunakan yaitu cicak tembok dan cicak gula.

10. Fakta wacana Suara Cicak
Cicak yaitu hewan yang memiliki bunyi yang termasuk nyaring; terkadang bisa terdengar di indera pendengaran manusia. Suara tersebut terdengar menyerupai dengusan, dan memiliki banyak tujuan.

11. Cicak yaitu Hewan Nokturnal
Kerena cicak cenderung melaksanakan aktifitas di malam hari, maka cicak yaitu termasuk hewan nokturnal. Memang terkadang kita menjumpai cicak beraktifitas di siang hari. Tapi fakta lain menunjukan bahwa indera penglihatan cicak tidak berfungsi dengan baik di siang hari.