Home » , » Mengenal Worm Win32/Slenfbot

Mengenal Worm Win32/Slenfbot

Baca Juga

Maraknya dunia jejaring sosial makin marak juga para cracker mencari celah untuk memasukkan kode/script jahat. sekarang yang marak diperbincangkan adalah virus atau worm yang terkenal dengan sebutan 'Win32/Slenfbot'.
Win32/Slenfbot menularkan dirinya melalui situs jejaring sosial seperti facebook. nama untuk slenfbot sendiri bermacam-macam sesuai dengan penamaan si pendeteksi virus(antivirus) seperti :Backdoor.Win32.IRCBot (Kaspersky), WORM_IRCBOT (Trend), W32/Opanki.worm (McAfee), W32.Scrimge (Symantec), Win32/Slenfbot!generic, Worm:Win32/Slenfbot. (MS OneCare) .

dia juga dapat menempel di file exe seperti :
msmgslive.exe
msnapplet.exe
msnclimgr.exe
msnfileshare.exe
msnfileshare.exe
msngnlive.exe
msnhostin.exe
msnlive.exe
msnmessengerlive.exe
msnupdsv.exe
safemode.exe
windowsmsnlive.exe
winlivemsnmessenger.exe

walau kelihatan sepele, worm ini mampu meningkatkan traffic koneksi internet. yah... namanya aja virus ya seperti ini kerjaannya... :)

dalam banyak kasus, worm ini jarang sulit untuk dibasmi. tapi berikut akan saya post pengalaman saya melawan virus / worm ini :
-pertama, non aktifkan system restore windows anda, cara klik kanan mycomputer - properties-restore
-terus, update dahulu antivirus anda
-lakukan scan menyeluruh pada drive OS anda
-setelah terdeteksi clean semua worm yang terdeteksi
-restart PC anda.

dalam suatu kasus mungkin antivirus anda bakalan hang ditengah jalan, maka jalan terakhir adalah restart Pc anda dan masuk ke safemode. dan ulangi scan virus pada pc anda.

semoga sukses... :)