Home » , » Manfaat Lycopene (Likopen) dalam Tomat

Manfaat Lycopene (Likopen) dalam Tomat

Baca Juga

Akhir-akhir ini aku gemar sekali mengkonsumsi tomat. Hal ini dikarenakan aku sering naik motor dan mau tidak mau aku harus terpapar oleh polutan yang bersifat radikal bebas. Radikal bebas yang aku dapat dari jalanan pasti lama kelamaan akan merusak badan saya. Bisa mengakibatkan banyak sekali penyakit menyerupai gangguan pernafasan, muka cepet bau tanah bahkan yang paling keren bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu aku berusaha mencari makanan yang mengandung senyawa antioksidant yang tinggi. Nah, ternyata buah tomat mengandung senyawa yang bersifat anti-oksidan berjulukan Lycopene/ Likopen.

Sekarang tau kan kenapa sekarang aku suka tomat? Tomat menurut aku yaitu sumber Likopen yang murah dan mudah didapat. Menurut penelitian Lycopene/ Likopen memiliki sifat antioksidan yang lebih baik dari vitamin C. Makara kalau anda ingin menangkal radikal bebas supaya abadi muda dan jauh dari penyakit cobalah mengkonsumsi tomat secara rutin. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi tomat yang benar supaya kita menerima manfaat Lycopene yang maksimal? Nanti akan aku jabarkan. Sebelumnya anda bisa menyimak beberapa manfaat Likopen untuk badan kita:
Buah tomat mengandung antioksidan Lycopene (Likopen) yang bisa menangkal radikal bebas lebih baik dari vitamin C
Buah Tomat Segar

Manfaat Lycopene/ Likopen Dalam tomat

- Mencegah Pengerasan pembuluh darah Arteri (atherosclerosis): Beberapa riset menandakan bahwa kadar Likopen yang tinggi dalam pemikiran darah dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah arteri.

- Mengurangi Pembengkakan Prostat: Beberapa penelitian menawarkan bahwa Likopen dapat membantu/ memperlambat pembengkakan prostate.

- Mengurangi resiko Kanker Payudara: Kadar likopen yang tinggi dalam darah dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara pada wanita. namun beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa Likopen tidak kuat apa-apa terhadap kanker payudara.

- Mengurangi resiko sakit jantung: Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam darah dapat mengurangi resiko serangan jantung. Terutama penyakit jantung yang berafiliasi dengan penebalan pembuluh arteri.

- Katarak: Likopen dapat membantu semoga penyakit katarak tidak bertambah parah.


- Radang gusi (Gingivitis): Lycopene dapat membantu mengurangi radang gusi.

- Infeksi Human papilloma virus (HPV): Likopen dapat membantu percepatan penyembuhan kanker yang disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV).

- Kanker paru-paru: Lycopene dapat mengurangi resiko kanker paru. Namun beberapa hasil riset masih meragukan hal ini.

- Meningkatkan kesuburan laki-laki: Konsumsi likopen secara teratur dapat meningkatkan kualitas sperma.

- Melindungi kulit dari sinar matahari: Mengkonsumsi likopen dapat mencegah kulit terbakar tanggapan sinar matahari (SUNBURN)

Nah, itulah beberapa manfaat Lycopene selain sebagai anti oksidan. Sebenarnya banyak manfaat lainnya, tapi karena hasil risetnya masih meragukan aku enggan menuliskannya disini.

Sebaiknya mengkonsumsi tomat mentah atau dimasak?

Jika anda ingin memanfaatkan tomat sebagai sumber vitamin dan serat. Maka sebaiknya anda mengkonsumsi tomat dalam keadaan mentah, karena vitamin dalam tomat mudah hilang karena panas. Namun kalau anda ingin memanfaatkan lycopene dalam tomat secara maksimal. Maka hendaklah anda memasak tomat tersebut. Misalnya dengan cara direbus atau dibuat pasta (saus) tomat. Karena menurut penelitian, kadar likopen dalam tomat akan meningkat kalau tomat terkena panas. Likopen yang terikat akan keluar kalau tomat dimasak. Selain itu likopen dalam tomat yang sudah dimasak akan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

Likopen tidak larut dalam air, tapi larut dalam minyak. Sehingga perembesan likopen akan lebih mudah kalau anda mengkonsumsinya bersama minyak/lemak. Tapi ingat bukan minyak jelantah, pakai minyak yang sehat misalnya minyak zaitun dan jangan banyak-banyak. Dalam memilih tomat pilihlah tomat yang baik. Dari bentuk pilihlah tomat yang mempunyai bentuk yang normal utuh dan tidak cacat. Dari tekstur, pilih tomat yang mempunyai tekstur renyah atau "crunchy" dan tidak terlalu lembek. Dari warna, pilih tomat yang mempunyai warna merah agak oranye.

Last, itulah alasan mengapa akhir-akhir ini aku gemar mengkonsumsi tomat. Selain mengandung serat, tomat juga mengandung antioksidan Lycopene yang memiliki kemampian mengikat radikal bebas lebih baik dari pada vitamin C.

referensi:
http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-554-lycopene.aspx?activeingredientid=554&activeingredientname=lycopene
http://www.drweil.com/drw/u/ART03368/Lycopene.html


Sumber http://www.nicois.me