Home » , , , » Review Jam Casio G-shock G-9000 3VDR Mudman

Review Jam Casio G-shock G-9000 3VDR Mudman

Baca Juga

Halo guys! Lama tak jumpa. Kali ini aku akan me-review sebuah jam tangan yang memang semenjak dulu sudah terkenal akan ketangguhannya. Saking terkenalnya sampe banyak banget replika dan kw-kw nya. Jam yang aku maksud tidak lain dan tidak bukan yaitu Casio G-Shock. Baru saja jam aku tiba dirumah setelah "ngoyak-ngoyak" sang penjual supaya jam pesanan aku segera dikirim.

G-Shock yang akan aku bahas kali ini yaitu seri G-9000 3VDR yang termasuk dalam varian mudman (manusia lumpur). Pada G-Shock seri mudman, tentu gimmick yang dijual yaitu ketahanan bila terkena lumpur, tanah mbletok, dan semacamnya. Kaprikornus akan sangat cocok bagi anda yang bekerja di medan berat menyerupai membajak sawah atau menanam padi misalnya :). G-Shock G-9000 3VDR memiliki warna mayoritas hijau renta (army-look) dan tombol-tombolnya berwarna hitam. Yang paling aku suka yaitu dialnya yang sudah negative display. Walaupun menggunakan negative display, namun angka pada dial jam tetap mudah dibaca.
Kelengkapan pembelian G-Shock G-9000 3VDR Mudman: Box, Kartu garansi, kitab/buku manual
Kelengkapan pembelian G-9000 3VDR Mudman: Box, Kartu garansi, kitab/buku manual

Ada beberapa alasan mengapa aku membeli jam tangan Casio G-shock G 9000 3VDR. Pertama, tampilannya yang keren menurut saya. Kedua, ketangguhan G-Shock yang memang sudah tidak diragukan lagi, sehingga cocok untuk menemani aktifitas outdoor. Dari segi harga, seri G-9000 3VDR memiliki harga yang lumayan terjangkau dibanding seri jam G-Shock lainnya. Harganya masih dibawah 1,5 juta.
Review Jam Casio G-shock G-9000 3VDR (Mudman)

Dilihat dari harganya yang murah, aku tidak mengharapkan hadirnya fitur-fitur istimewa menyerupai altimeter, barometer, kompas, dan termometer. Yang penting yaitu fungsi dasar jam sebagai alat untuk timekeeping yang tangguh. Kaprikornus boleh dikatakan fitur pada G-9000 3VDR memang standar banget. Paling hanya ada fitur stopwatch, alarm, kalender, dan fitur standar jam digital lainnya.

Namun ada beberapa fitur dari G-shock G 9000 3VDR yang patut dibanggakan. Seperti Auto Dual Electro Luminescence (EL) Backlights dan Flash Alert. Jika fitur Auto Dual EL Backlights diaktifkan, maka kita tidak perlu repot-repot menekan tombol lampu bila ingin melihat jam di malam hari. Tinggal miringkan jam dengan sudut 45 derajat ke arah muka kita, maka lampu dial akan otomatis menyala. Kemudian untuk fitur Flash Alert, bila diaktifkan maka dial akan berkedip-kedip bila alarm menyala. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada video review yang telah aku buat dibawah ini:

Untuk ukuran sendiri, Casio G-shock G-9000 3VDR mudman tidak terlalu besar. Tidak menyerupai seri g-shock yang lain yang umumnya berbodi besar, body G-9000 3VDR termasuk berukuran sedang/medium. Ini juga salah satu pertimbangan aku memilih jam ini. Ukurannya tidak terlalu besar shingga tidak terlalu mencolok. Bahkan dikala disandingkan dengan jam Casio AE-1000w, ukuran G-9000 3VDR mudman terlihat hampir sama. Kaprikornus bila anda ingin jam G-Shock yang tidak berukuran besar, atau pergelangan tangan anda kecil. Casio G-shock G-9000 3VDR mampu jadi pertimbangan. Seorang cewek yang imut pun pasti masih pantes memakai Casio G-shock G-9000 3VDR mudman ini.
Review Jam Casio G-shock G-9000 3VDR (Mudman)
Casio G-shock G-9000 3VDR mudman vs AE-1000W

Dibalik segala kelebihan Casio G-shock G-9000 3VDR mudman. Ada satu kekurangan yang pasti diamini oleh semua penggunanya di seluruh dunia. Yaitu tombol-tombol yang susah untuk dipencet! Entah apa tujuannya, mungkin disengaja supaya lumpur tidak mudah masuk ke sela-sela tombolnya. Jujur jari tangan aku jadi sakit setelah mencet-mencet tombol jam ini.

Kesimpulan, Casio G-shock G-9000 3VDR mudman memiliki desain dan warna yang menarik. Terlihat militeristik dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tahan terhadap air sampai kedalaman 200 meter, tahan terhadap lumpur, tahan terhadap suhu rendah sampai -20 celsius, tahan banting, tahan injak, serta tahan-tahan yang lain yang tidak mampu disebutkan pada goresan pena ini. Memiliki fitur Auto Dual EL Backlight dan Flash Alert. Serta nyaman bila digunakan. Hanya saja ada satu kekurangan yaitu tombol-tombol yang sulit ditekan.
Casio G-shock G-9000 3VDR (Mudman)
Casio G-shock G-9000 3VDR (Mudman)
Casio G-shock G-9000 3VDR (Mudman)

Plus / Minus Casio G-shock G-9000 3VDR Mudman
  • + Desain dan warna yang menarik bernuansa militer dengan negative display
  • + Harga terjangkau dibanding seri G-Shock lainnya (ada harga ada fitur)
  • + Fitur Auto Dual EL Backlight dan flash alert
  • + Tahan lumpur
  • + Ukuran yang pas dan nyaman


  • - Tombol susah ditekan
  • - Tidak cocok untuk program resmi menyerupai kondangan, dll



Sumber http://www.nicois.me