Home » » Perbedaan Astronaut, Cosmonaut, Taikonaut dan Spationaut

Perbedaan Astronaut, Cosmonaut, Taikonaut dan Spationaut

Baca Juga

Saya pernah menulis wacana perjalanan hidup Yuri Gagarin yang mana merupakan insan pertama yang berhasil mencapai luar angkasa. Dalam goresan pena aku tersebut aku menyebut Yuri Gagarin sebagai kosmonot, bukan astronot. Kemudian beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya di kolom komentar "perbedaan astronot dan kosmonot?". Bagi sebagian orang, banyak yang meng-generalisir bahwa orang yang pergi keluar angkasa pasti mendapat gelar astronot, ternyata hal ini kurang tepat. Karena tiap-tiap lembaga antariksa didunia mempunyai sebutan khusus bagi orang yang dilatih dan dikirim keluar angkasa. Penjelasannya bisa dilihat dibawah ini.

Astronot / Astronaut, Berasal dari kata Astron (bintang) dan Nautis (sailor/penjelajah/navigator). Adalah orang yang dilatih dan mendapat sertifikasi dari NASA yang dikirim keluar angkasa. Kaprikornus secara paten, sebutan Astronot hanya boleh dipakai oleh NASA (Amerika). Namun ada juga tubuh antariksa dari negara lain yang berhubungan atau kru-nya dilatih di NASA yang memakai nama 'astronot'. Seperti JAXA (badan antariksa Jepang), ESA (badan antariksa eropa), dan CSA (badan antariksa kanada).
Most notable Russian Cosmonaut; Yuri Gagarin | image: ESA
Most notable Russian Cosmonaut: Yuri Gagarin | Credit image: ESA

Kosmonot / Cosmonaut, berasal dari kata Kosmos (universe/semesta) dan Nautes (sailor) yaitu orang yang dilatih oleh Badan Antariksa Rusia dan telah tersertifikasi untuk menjelajahi angkasa. Nama 'kosmonot' resmi digunakan untuk space traveller yang dilatih oleh ROSCOSMOS, GCTC atau tubuh antariksa lain yang ada di di Rusia. 

Taikonaut / "tài kōng rén" (太空人), berasal dari bahasa China tàikōng (kekosongan/space) yaitu sebutan profesional untuk orang yang dilatih untuk menjelajah angkasa oleh Badan Antariksa China (CNSA). Di hongkong disebut sebagai "tài kōng rén" (太空人) yang berarti 'spaceman' dalam bahasa inggris. Di negara China daratan sendiri secara resmi disebut sebagai "háng tiān yuán" (航天员, "space navigating personnel"). Namun, untuk mempermudah, media internasional lebih suka menyebut space traveller China sebagai Taikonaut.

Spationaut, dari kata spatium (space) dan  Nautis (sailor/navigator), Adalah sebutan professional untuk penjelajah angkasa dari Perancis.

Vyomanaut, berasal dari bahasa sansekerta Vyoma yang berarti langit. Adalah orang yang dilatih dan mendapat akta untuk menjadi space traveller oleh Indian Space Research Organisation (ISRO).

Angkasawan, Adalah sebutan bagi penjelajah angkasa yang yang dilatih dan menerima akta oleh Malaysian National Space Agency (Agensi Angkasa Malaysia).

Lalu bagaimana jikalau ada orang awam/bukan profesional tapi pergi ke luar angkasa? Misalnya aku punya uang, kemudian ikut jadwal wisata mengunjungi ISS (International Space Station)? Secara internasional sudah disepakati bahwa orang awam (non-professional) yang belum dilatih dan disertifikasi oleh tubuh - tubuh antariksa diatas untuk menjadi astronot/kosmonot namun mendapat kesempatan untuk pergi keluar angkasa, maka orang ini akan disebut sebagai "spaceflight participants."

Dari klasifikasi diatas maka bisa diketahui bahwa meng-generalisasi semua penjelajah angkasa dengan sebutan 'astronot' bergotong-royong kurang tepat. Ibaratnya kita menyebut semua sepeda motor dengan sebutan 'Honda' atau menyebut semua air mineral dengan nama 'AQUA'. Tiap - tiap tubuh antariksa di suatu negara yang sudah bisa mengirimkan insan ke luar angkasa mempunyai sebutan 'khusus' untuk awaknya yang telah dilatih. Kaprikornus hanya NASA yang boleh memakai istilah "Astronaut" untuk penjelajah angkasanya. Contoh kasus lain semisal Indonesia mengirimkan seseorang ke NASA untuk dilatih menjadi space traveller, maka boleh menggunakan gelar Astronaut. Tapi kira-kira kapan ya Indonesia punya tubuh antariksa sendiri? Bisa membuat spacecraft sendiri? 

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Astronaut
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_human_spaceflight_programs

Sumber http://www.nicois.me