Home » , , » Membuat Alamat E-mail Profesional dengan Domain Sendiri Menggunakan Google Apps For Work

Membuat Alamat E-mail Profesional dengan Domain Sendiri Menggunakan Google Apps For Work

Baca Juga

Sebelumnya, ini yaitu masa dimana saya sedang males untuk update blog. Tapi demi keberlangsungan hidup blog ini, maka mau tidak mau saya harus mengupdatenya dengan konten-konten baru. kali ini saya ingin membuat tutorial mengenai bagaimana cara membuat alamat email profesional menggunakan domain sendiri. Kadang jikalau kita menjadi pegawai kantoran atau korporat. Kita mendapatkan semacam akun email dari kantor untuk urusan pekerjaan. Tentu saja email ini mempunyai alamat domain milik perusahaan sendiri. Misalnya sosro@namaperusahaan.com dan lain-lain. Email yang menggunakan domain sendiri ibarat ini tentu menjadi pujian tersendiri sebab memang tidak gratis. Selain itu perusahaan atau perseorangan yang mempunyai email dengan domain sendiri tentu lebih terlihat profesional di mata klien.
Cara membuat email personal dengan Google Apps for Work

Nah, bagi anda baik perseorangan, pemilik suatu tubuh usaha, atau pemilik suatu organisasi yang mempunyai pegawai/karyawan atau member dalam jumlah banyak. Saya sarankan untuk mempunyai email dengan domain sendiri. Selain terlihat profesional, tentu juga terlihat lebih keren. Selain itu dapat memudahkan kinerja suatu tim.

Untuk membuat alamat email dengan domain sendiri gotong royong sangatlah mudah, yang penting ada "budgetnya." Untuk tutorial ini saya ingin membuat email dengan domain www.nicois.me. Makara nanti saya ingin punya email dengan alamat nico@nicois.me. Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya anda membeli domain name terlebih dahulu. Karena percuma dong kalo ga punya domain.

Untuk email hosting server, saya menggunakan layanan Google Apps For Work. Google Apps for Work memilki banyak fitur menarik yang sangat mendukung dalam sebuah pekerjaan. Apalagi pekerjaan yang sifatnya melibatkan kolaborasi banyak orang (team). Dulu sekali layanan Google Apps ini gratis, tapi sekarang menjadi berbayar. Semoga saja sebanding dengan performanya.


Oke eksklusif saja sebelum diintegrasikan dengan domain, silahkan daftar Google Apps for Work disini. Kemudian silahkan isi formnya.
Google Apps for Work

Setelah mengisi form diatas, anda akan diminta untuk memasukkan domain anda. Karena saya sudah mempunyai domain, maka saya tidak pelu membeli domain lagi.
Integrating domain for Google Apps for Work

Jika domain berhasil ditambahkan. Maka selanjutnya akan diminta untuk membuat username dan akun google apps.
membuat akun google apps

Setelah username akun google apps berhasil dibuat. Anda akan diminta untuk login ke admin.google.com dengan username yang telah anda buat tadi. Anda juga harus melaksanakan verifikasi identitas anda menggunakan nomer telepon.
login google apps
Verifikasi akun google apps

Setelah masuk ke google apps, anda akan diminta untuk melaksanakan beberapa setup. Pertama yang anda harus lakukan yaitu verifikasi domain.
Verifikasi domain

Yang perlu dilakukan dalam verifikasi domain yaitu menambahkan TXT records ke dalam Domain Name System (DNS). Letak setting DNS dan cara menambahkan TXT records berbeda-beda tergantung dari dimana daerah anda membeli domain. Tapi secara garis besar, langkah-langkahnya ibarat dengan gambar dibawah ini:
Verifikasi domain di google apps menggunakan TXT Record
Menambahkan TXT Record ke DNS

Jika domain anda berhasil terverifikasi. Karena email kita akan menggunakan server google. Maka Langkah selanjutnya yaitu menambahkan MX records google Apps ke Domain Name System anda. Seperti langkah diatas. Cara menambahkan MX records ke DNS mampu berbeda-beda tergantung pada registrar dimana anda membeli domain. 
Menambahkan Google Apps MX Record Ke DNS
Menambahkan Google Apps MX Record Ke DNS

Sebelum menambahkan MX records milik google apps. Ada baiknya anda menghapus MX records bawaan domain. sebab dikawatirkan akan bentrok dengan MX record milik google.
Menambahkan Google Apps MX Record Ke DNS
Menambahkan Google Apps MX Record Ke DNS

Setelah MX record berhasil ditambahkan. Anda harus menunggu beberapa jam sebelum MX records yang anda tambahkan ke DNS terintegrasi dengan server google. Jika MX records sudah terintegrasi silahkan anda login ke mail.google.com menggunakan username google apps yang telah anda buat. Jika anda sudah mampu mengirim dan mendapatkan email dari akun tersebut maka alamat email profesional anda sudah siap untuk digunakan.
Alamat email dengan domain sendiri sudah jadi
Alamat email dengan domain sendiri sudah jadi

Anda mampu menambahkan akun email lain di google apps for work dengan cara: masuk ke home di admin.google.com, pilih "users" kemudian klik tanda + bundar berwarna hijau dan pilih "add user."
menambahkan akun email gres di Google Apps for Work
menambahkan akun email gres di Google Apps for Work

Jika anda masih mengalami kesulitan dalam memahami bagaimana langkah membuat email profesional dengan doman sendiri menggunakan Google Apps For Work. Anda mampu melihat video tutorial yang telah saya buat dibawah ini:


Kesimpulan, Jika anda mempunyai usaha/organisasi dengan banyak anggota dan karyawan. Maka google Apps for work sangat saya anjurkan untuk anda. Dengan Google apps, anda mampu membuat email dengan domain sendiri. Selain itu Google Apps Memiliki aplikasi online yang sangat mumpuni ibarat google office, calendar dan lain-lain. Setting di google apps juga sangat mudah. Yang sangat disayangkan yaitu biaya di google apps for work tidaklah murah. Yang paling dasar sekitar $5 per account per bulan. Bayangkan jikalau anda mempunyai pegawai diatas 100 orang, silahkan kalikan sendiri. Tapi memang biaya sebanding dengan kualitasnya.

Sumber http://www.nicois.me