Home » , » Hemat Kuota Data Internet dengan New Opera MAX

Hemat Kuota Data Internet dengan New Opera MAX

Baca Juga

Sebenarnya saya sudah pernah mengulas aplikasi pengompres data internet yaitu Opera MAX. Namun waktu itu yang saya ulas yaitu Opera Max versi beta, yang mana masih dalam tahap uji coba lebih dari setahun yang lalu. Kali ini saya ingin mencoba untuk me-review New Opera Max yang berfungsi untuk menghemat pemakaian data internet di smartphone android.

Dibanding Opera Max versi beta, tentu New Opera Max mengalami banyak perubahan drastis. Dari segi tampilan sudah menganut material design sehingga User Interfacenya sangat menarik dan mudah untuk dipahami. New Opera Max mendukung jaringan 3G / 4G / LTE semua operator. Nah, berikut ini yaitu fitur-fitur yang ada di New Opera Max:

  • Mengkompress ukuran file video/foto


Jika anda suka streaming video di youtube atau netflix misalnya. Atau suka browsing instagram. Tentu akan membuat kuota internet cepat habis. Dengan New Opera Max, file video dan foto akan dikompres di server Opera sehingga ukuran file nya menjadi lebih kecil. Dengan begini kuota internet mampu dihemat.

  • Blokir aplikasi yang menggunakan internet.


Kadang ada aplikasi di android yang menggunakan data internet untuk sinkronisasi. Dengan New Opera MAx aplikasi2 yang memakan kuota internet tersebut mampu di blokir sehingga kuota data tidak cepat habis.

Kita juga mampu menggunakan New Opera max kalau menggunakan koneksi wifi. Pemakaian data dari masing2 aplikasi juga mampu dilihat.

Kali ini saya ingin mencoba seberapa keren aplikasi New Opera Max ini. Setelah didownload dan diinstall, anda harus mengaktifkan New Opera Max terlebih dahulu.
New Opera Max
New Opera Max

Karena New Opera Max yaitu semacam VPN. Maka ketika diaktifkan opera max akan meminta ijin untuk membuat koneksi VPN. 
New Opera Max
New Opera Max

Ketika saya gunakan untuk streaming youtube. Ternyata penghematan yang dilakukan oleh New Opera Max memang signifikan. Dari total data sebesar 880 MB hanya terdownload sebesar 402 MB saja, dan 478 MB data berhasil dihemat. Berarti mampu menghemat pemakaian data internet sampai > 50%. Jika kita browsing di instagram kita mampu mencicipi kalau gambar yang kita lihat menjadi jelek. Hal ini sebab file gambar yang dikompres kualitasnya menjadi turun. Anda mampu melaksanakan setting pada seberapa besar anda ingin menghemat data. Jika tidak ingin mengalami penurunan kualitas gambar yang terlalu drastis. Anda mampu memilih setting "medium" di adegan video/image savings. 
New Opera Max
New Opera Max

Aplikasi New Opera Max memang terbukti dapat menghemat penggunaan data internet. Cocok bagi anda yang memang ingin menekan konsumsi data internet. Namun sebab New Opera Max yaitu VPN, maka kecepatan internet mampu menurun ketika diaktifkan. Lalu apakah aman menggunakan New Opera Max? Tentu saja aman sebab pake server milik Opera.

Sumber http://www.nicois.me