Home » , » Carl Sagan: Science, A Way of Thinking

Carl Sagan: Science, A Way of Thinking

Baca Juga

Bagi anda yang menyukai astronomi, tentu anda tahu siapa itu Carl Sagan. Seorang astronomer yang menurut aku berhasil menjelaskan ilmu astronomi dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang-orang awam ibarat saya. Dengan begini, orang-orang akan semakin tertarik untuk mempelajari science.

Menurut Sagan, setiap orang harus mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan mempelajari ilmu pengetahuan, kita dapat mengetahui ibarat apa alam semesta ini. Kita juga harus dituntut untuk selalu bersikap skeptis dan selalu bertanya-tanya perihal alam semesta. Karena alam semesta menyimpan banyak sekali ilmu pengetahuan yang harus dipecahkan. Jika orang-orang selalu mempelajari ilmu pengetahuan, maka akan menghasilkan masyarakat yang "well educated" yang tentu akan memberi pengaruh pada aneka macam bidang. Misalnya pada mampu politik, pada masyarakat yang well educated tentu akan menghasilkan pemerintahan yang baik. Masyarakat yang well educated tentu akan memilih politisi yang baik untuk menjadi wakil di pemerintahan. Sebaliknya, jikalau masyarakat banyak yang bodoh, tentu akan mudah dibodohi oleh pemerintah. Maka, jadikanlah science sebagai A way of thinking.

Science does not prove religion, because religion is faith based. What is faith? It is believe in the absence of evidence.- Carl Sagan


The people had to be educated, and they had to practice their scepticism on their education. Otherwise we don't run the government, but the government runs us.

Sumber http://www.nicois.me