Home » , , , » Cara Defrag Hard disk di Windows Untuk Meningkatkan Performa PC / Laptop

Cara Defrag Hard disk di Windows Untuk Meningkatkan Performa PC / Laptop

Baca Juga

Kali ini saya ingin membuatkan tips simple mengenai cara meningkatkan performa PC / Laptop. Terutama pada kecepatan seek time pada Hard disk drive. Biasanya, seiring dengan bertambahnya file - file yang disimpan pada hard disk. Maka kecepatan komputer akan menurun. Bisa saja kita membutuhkan waktu yang lama / lemot untuk membuka suatu file. Hal ini dikarenakan file - file yang tersimpan pada hard disk mengalami fragmentation / fragmentasi.

Fragmentation / fragmentasi, dalam hal ini ialah suatu kondisi dimana file yang tersimpan pada hard disk terpecah menjadi beberapa bagian, namun bab - bab tersebut tidak tersimpan pada satu block sector yang sama. File - file yang fragmented inilah yang membuat access time hard disk menjadi lambat alasannya ialah potongan bagiannya tidak berdekatan alias mencar - mencar.

Untuk mengatasi file -file yang mengalami fragmentasi tersebut, biasanya dilakukan defragmentation agar pecahan file- file tersebut lokasinya mampu saling berdekatan satu sama lain. Dengan begini maka access time pada hard disk akan meningkat dan akan besar lengan berkuasa kasatmata pada performa komputer.

Pada sistem operasi Windows sendiri bersama-sama sudah disediakan tool untuk melaksanakan scan dan defrag pada hard disk. Pada Windows 7 misalnya, juga sudah tersedia tool untuk melaksanakan defragmentasi. Namun sayangnya tool bawaan ini sangat sangat tidak berkhasiat alias tidak optimal kinerjanya. Saya sendiri lebih memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk urusan defrag hard disk. Nah, kali ini saya akan memperlihatkan tutorial bagaimana cara melaksanakan defragmentation / defrag pada hard disk menggunakan freeware yang berjulukan Auslogics Disk Defrag. Software ini sudah mampu melaksanakan fungsi defragmentasi secara mumpuni. Silahkan unduh secara gratis disini. Sebenarnya aneka macam software defrag gratisan yang mengagumkan untuk Windows. Lengkapnya silakan googling sendiri.

Nah setelah Auslogics Disk Defrag didownload dan diinstall. Silahkan dibuka. Maka akan tampil hard disk drive yang terinstall di komputer anda. Silahkan dipilih / dicentang drive mana yang ingin anda defrag. Sebelum melaksanakan defrag silahkan lakukan "analyze" terlabih dahulu.

Jika sudah dianalisa, maka akan keluar block - block yang memiliki indikator warna yang berbeda - beda. Block sector yang berwarna merah - merah ini ialah block sector yang memiliki tingkat fragmentasi yang parah.
Cara meningkatkan kecepatan performa komputer / laptop dengan cara defrag hard disk
Setelah disk di analisis, sebelum di defrag.

Setelah itu silahkan lakukan defrag. Anda mampu melaksanakan defrag dengan cara biasa, atau defrag dan optimization. Defrag biasa hanya memutuhkan waktu yang singkat. Namun jikalau memilih defrag & optimization, maka akan membutuhkan waktu yang lama. Lama waktu defrag sangat tergantung dengan besarnya kapasitas hard disk dan seberapa penuh isi hard disk anda. Ada baiknya sebelum melaksanakan defrag hapus dulu file -file cache yang tidak penting dan kosongkan recycle bin
Cara meningkatkan kecepatan performa komputer / laptop dengan cara defrag hard disk
Setelah disk di defrag

Oke, jikalau proses defragmentasi sudah selesai, maka block - block yang berwarna merah tadi akan hilang atau paling tidak jumlahnya berkurang. Jika kurang puas silahkan lakukan lagi defrag & optimization. Jika masih galau dengan langkah - langkanya silahkan lihat video saya dibawah ini:

Last, dengan melaksanakan defragmentasi maka potongan file - file yang letaknya berjauhan akan semakin dekat. Dengan ini hard disk akan mudah mencari dan membaca potongan file - file tersebut. Tentu akan membuat kinerja PC / Laptop anda sedikit lebih cepat. Defragmentasi hard disk ialah cara pertama yang harus anda lakukan untuk meengatasi kelemotan komputer anda.

Sumber http://www.nicois.me