Home » , , » Android: Mengedit Foto Biasa Menjadi Luar Biasa dan Dramatis Dengan Snapseed

Android: Mengedit Foto Biasa Menjadi Luar Biasa dan Dramatis Dengan Snapseed

Baca Juga

Bagi anda pecinta dunia Photography, terutama yang menggunakan kamera smartphone android. Tentu sudah mengenal banyak tool dan aplikasi editing / retouch yang bertujuan untuk mempercantik foto sebelum diupload ke sosmed. Bagi sebagian orang, mengedit dan me-retouch foto ialah hal yang wajib sebelum dipamerkan di dunia maya. Ada yang memang tujuannya untuk seni, ada yang tujuannya untuk narsis yang dengan lihai mengedit wajahnya biar tampak berbeda dengan tampilan aslinya (jadi tambah mengagumkan / gateng, dsb). Tidak jarang, banyak pengguna yang menginstal lebih dari satu aplikasi untuk edit foto di Smartphone mereka. Karena selain praktis, aplikasi - aplikasi ini memang mudah untuk digunakan. Begitu dijepret, pribadi deh di edit pake aplikasi - aplikasi retouch tersebut.

Kalau saya agak beda, saya kurang suka melaksanakan editing dan retouch gambar melalui aplikasi smartphone. Saya lebih suka melakukannya di komputer atau laptop. Karena melaksanakan retouch foto di komputer tentu lebih memuaskan sebab ada banyak parameter yang mampu diutak-atik. Dan tentu akhirnya lebih wah.Untuk melaksanakan retouch dan editing di komputer, saya menggunakan beberapa software andalan. Antara lain Photoscape, Adobe Photoshop dan Adobe Photoshop Lightrom. Untuk retouch ringan saya gunakan Photoscape, untuk advanced retouch saya gunakan Photoshop Lightrom.
The power of Photoshop Lightrom
The power of Photoshop Lightrom

Untuk kalian yang suka instant, tentu ribet bila setelah mengambil foto dari kamera smartphone. Lalu fotonya ditransfer ke PC komputer untuk di retouch, setelah itu ditransfer lagi ke smartphone untuk upload ke sosmed misalnya instagram. Sayapun menyadari keribetan ini, dan berusaha mencari aplikasi photo editing di android yang mampu menunjukkan hasil yang memuaskan layaknya saat melaksanakan editing di PC komputer. Dan kalau mampu sih yang gratis. 


Sebenarnya ada aplikasi mobile editing yang bagus di android. Misalnya Adobe Photoshop Lightrom Mobile. Parameter settingnya lumayan lengkap, walaupun beda jauh dengan versi PC. Yang menjengkelkan dari Adobe Photoshop Lightrom Mobile ini ialah lelet saat dicoba di smartphone saya. Mungkin sebab belum terlalu mateng aplikasinya dan masih versi awal. Agak kecewa juga padahal Adobe Photoshop Lightrom pada versi PC sangat saya andalkan. Dan yang bikin kecewa lagi adalah, Adobe Photoshop Lightrom Mobile ini bayar alias ga free.


Setelah banyak mencoba aplikasi photo editing yang ada di google play. Akhirnya saya menemukan aplikasi editing foto untuk smartphone yang menurut saya "lumayan" dibandingkan yang lainnya. Namanya Snapseed. Aplikasi Snapseed merupakan aplikasi photo editing dan retouch untuk smartphone android yang dibuat oleh google. Dilihat dari fiturnya sih lumayan lengkap, ga cuma filter - filter aja. Sayang ga ada setting RGBnya wkwkwk.
Fitur dan filter pada Snapseed

Nah, untuk menguji performa Snapseed dalam me-retouch foto. Saya akan mencoba untuk me-retouch sebuah foto awan yang saya ambil saat sore hari. Foto awan yang saya ambil ini kualitasnya biasa saja. Karena memang smartphone saya kameranya jelek. Saya akan mencoba mengedit foto gumpalan awan yang jelek ini menjadi agak lumayan dan ga terlalu memalukan juka diupload ke instagram. Sebelumnya, mengapa saya memilih foto awan. Karena bentuk awan itu random. Dibaliknya ada pancaran sinar matahari yang membuatnya keren. Kaprikornus sejelek apapun kamera smartphone anda bila mengambil foto awan pasti akan terlihat istimewa.
Foto awan sebelum di edit. Mendung yang menggelayut
Foto awan setelah di edit. Kaprikornus agak mendingan.

Nah dilihat dari hasil foto awan diatas. Tentu ada perbedaan antara foto yang sebelum diedit dan sesudah diedit dengan Snapseed. Dari foto biasa menjadi sebuah mahakarya (halah maksa). Disini saya cuma melaksanakan tune image dan ngutak atik setting dasar ibarat brightness, contrast, saturation, ambiance, shadows, highlights dan warmth. Supaya lebih ciamik mampu ditambahkan efek filter dan vignetting. Untuk cara lengkapnya silahkan lihat video perihal snapseed yang telah saya buat dibawah ini:


Last, kini mengupload foto ke sosmed ialah hal yang lumrah. Banyak tool untuk editing dan retouch foto secara instant di smartphone. Namun tidak semua tool editing tesebut memuaskan hasilnya. Hanya sda beberapa aplikasi yang menurut saya bagus dengan fitur yang lumayan lengkap sebagai basic photo editor. Misalnya Snapseed. Aplikasi ini bekerja dengan baik di smartphone saya dan fiturnya lumayan lengkap. Selain itu pengoprasiannya mudah. Saya hanya menggunakan satu jempol yang bermain - main diatas touchscreen untuk mengedit foto awan diatas.

Sumber http://www.nicois.me