Home » , , » Blog ini tanpa Captcha

Blog ini tanpa Captcha

Baca Juga

Sebagai Blogger tentu ada saja pengaturan yang diberlakukan pada setiap blog kesayangannya. seperti pengaturan di kolom komentar. Ada yang menjaring komentar para komentator dengan verifikasi kata ( captcha ), ada yang memoderasi dahulu setiap komentar yang masuk dan ada juga yang tanpa ribet memakai filter tanpa captcha. semua memang hak prerogatif dari pemilik blog masing-masing.

Di dalam perjalanannya, Blog kesayangan saya ini sudah beberapa kali melakukan pengaturan antara pilihan memberi captcha atau tidak sama sekali. Kalau kemarin-kemarin sobat yang ingin berkomentar terjaring filter Captcha maka untuk saat ini, untuk detik ini, saya tiadakan yang namanya verifikasi kata. tentu agar lebih enak bagi sobat yang berkomentar tanpa 'ribet-ribet' mengetik satu persatu suguhan angka-angka verifikasi kata agar lolos 'sensor'. 

Terkadang pemakaian captcha memang banyak menguntungkan untuk menjaring para spammer untuk mempromosikan dagangannya, tapi dilain pihak captcha memang membuat para sobat yang suka blogwalking merasa tidak nyaman dan banyak menghabiskan waktu 'jalan-jalan' cepatnya. Diantara dua dilema yang harus dibuat suatu keputusan. Bagi saya pribadi, dahulu ketika tidak memakai filter verifikasi kata memang menjadi tugas tersendiri untuk membuang satu persatu komentar spam yang bertebaran di setiap artikel. tapi mulai sekarang ya sudahlah, silahkan spammer berlomba-lomba 'berkarya' di kolom komentar biar tambah rame kotak komentarnya...hehe ( nanti kena kartu merah lho :) ).

Semoga para sobat blogger semakin nyaman, semakin kerasan dan semakin tambah teman tentunya dengan tidak adanya kotak 'interogasi' captcha di blog ini. Salam semangat Blogger Indonesia.