Home » , , » Pencitraan Publik semakin terkenal

Pencitraan Publik semakin terkenal

Baca Juga

Pencitraan Publik semakin terkenal akhir-akhir ini melalui beberapa electoral di berbagai media. pencitraan kadang diasumsikan sebagai langkah-langkah dari tokoh-tokoh politik semata. padahal yang namanya pencitraan bukanlah monopoli sebuah partai atau tokoh politik semata.

Pencitraan pada hakikatnya menggiring diri ke ranah yang lebih luas yaitu area publik, agar lebih luas pandangan yang tertuju pada pribadi-prbadi yang tercitra oleh berbagai sepak terjang individualnya. pencitraan menggiring opini publik yang luas, ada opini yang miring atau negatif ada juga opini yang mengacungkan jempol alias positive opinion.

Opini publik yang sedemikian tercipta mau tidak mau akan menggiring sosok tersebut ikut terseret arus publik. tidak serta merta orang itu terkenal tetapi seakan orang itu melewati lorong waktu, bila lorong itu dipertemukan oleh cahaya terang maka lorong itu akan menggiringnya pada cahaya begitu pula sebaliknya. jadi perumpamaan lorong tadilah sebagai contoh publik yang mencerna dan menilai suatu sosok. entah itu sosok politisi, sosok ulama ataupun sosok low profile. pandangan publik bila sudah tertuju pada sebuah sosok akan menggiring opini-opini yang bermunculan. 

Pencitraan publik tidak lepas pula dari campur tangan media. sudah maklum di masyarakat modern sekarang ini, bila suatu sosok yang oleh media disorot dan digambarkan sebagai orang yang baik, maka serta merta opini publik tergiring oleh pesan media tersebut, tentu orang / sosok tersebut akan diuntungkan oleh hal itu, begitu pula kebalikannya. Intinya, opini publik dan media komunikasi-lah yang sekarang ini berperan aktif menciptakan sosok-sosok yang disuka atau tibenci oleh publik, walaupun pada ihwalnya sosok tersebut mungkin tidak sama nyatanya dengan yang di-opinikan.