Home » , » Mengapa modem jadi lemot dan lambat ?

Mengapa modem jadi lemot dan lambat ?

Baca Juga

Assalaamu'alaikum, Berbicara tentang modem tentunya sudah banyak yang mengulas sisi teknis maupun sisi performa dari setiap modem. di search engine google bertebaran situs-situs yang mempertanyakan dan menjawab solusi dari permasalahan setiap modem secara mendetail tentang mengapa modem jadi lemot dan lambat

Berawal dari banyaknya sobat saya yang dulunya bertanya tentang perihal performa dan seluk beluk modem maka tidak ada salahnya saya sedikit merefresh tentang seluk beluk permasalahan modem yang lemot dari segi hardware, software dan internal jaringan. dulu sewaktu saya menggunakan jaringan smart di warnet saya terasa sekali performa smart yang hebat dan cepat, tetapi dengan modem dan alat yang sama modem saya bawa ke daerah lain maka apa yang terjadi ?, modem smart begitu lambat seperti lajunya siput yang belajar maraton...hehe..

Dari pengalaman saya pribadi setelah mencoba beberapa modem dan provider penyedia data, mulai dari FLASH, AXIS, M2, sampai SMARTFREN saya mengalami hambatan dan kendala serupa, kadang cepat dan kadang lambat alias lelet abis. sampai-sampai saya waktu itu membongkar modem untuk saya pasang pigtail antena modem agar dapat menembak BTS yang powerfull dan longgar penggunanya dengan tujuan supaya kecepatan bertambah.

Kemudian apa yang menjadikan performa modem menurun ?, berikut ini salah satu sebabnya :
  • 1. Pertama tentu dari sisi Hardware modem, bila yakin dengan kualitas modem waktu pertama membeli maka apakah modem terlalu sering Terpapar PANAS yang berlebihan tanpa ada upaya pendinginan ?, kalau iya maka bisa dipastikan modem akan turun performanya karena komponen internal modem rawan panas berlebihan. 
  • 2. kemudian bila panas sudah tidak menjadi masalah maka apakah sinyal di tempat kita full bar ataukah separo atau naik turun muncul dan hilang ?. bila iya pastikan sinyal full sebisa mungkin dengan memakai kabel pemanjang USB / USB extender agar sinyal yang didapat bagus.
  • 3. Selanjutnya dari segi software apakah sudah benar cara penginstallan software modem ?, bila yakin sudah apakah Operating sistem di computer sobat sudah yakin bersih dari virus ?, karena banyak sekali virus komputer yang dapat memperlemah jaringan ataupun dapat mengupload dan download data secara silent atau tersembunyi tanpa sobat ketahui.
  • 4. Dan yang paling penting adalah, seberapa padatkah pengguna data / internet di daerah sobat dengan memakai provider yang sama. adakalanya satu daerah dengan daerah lain berbeda tingkat kepadatan penggunanya. beruntunglah bagi sobat yang di wilayahnya masih sedikit pengguna yang menggunakan provider yang sobat miliki, dipastikan akses akan cepat seperti yang sobat harapkan.
  • 5. Yang Terakhir tentunya masalah sinyal yang didapat apakah GPRS, EDGE, 3G atau sudah WCDMA. karena dengan performa HSDPA / WCDMA  maka sobat sudah mendapatkan poin penting dalam kecepatan akses data. o iya, tambah lagi, lihat pula paket data jenis apa yang sobat beli, jangan sampai sobat beli paket data dengan batasan EDGE tapi meminta yang berkecepatan WCDMA...hehe.
Nah sobat, mungkin itu salah satu kemungkinan mengapa modem jadi lemot dan lambat yang bisa saya share kali ini. semoga sedikit pengalaman ini dapat memberi pencerahan bagi sobat yang masih bertanya-tanya tentang performa modem-nya. Wassalam.