Home » , , , » Life university - kampus kehidupan

Life university - kampus kehidupan

Baca Juga

life, university, kampus, kehidupanAssalaamu'alaikum, kemarin kita berbincang-bincang tentang low -high dalam spiritual power, sekarang saya ajak sobat jalan-jalan ke dunia air, api dan udara. tentu bukan arti jalan-jalan dalam film fiksi avatar tapi saya ajak jalan-jalan menuju life university - kampus kehidupan dan kita belajar dari alam. karena alam diciptakan dengan memberi berbagai perumpamaan-perumpamaan dalam kehidupan kita.

Yang pertama kita bicara tentang AIR, seperti kita tahu air mempunyai sifat mencari tempat yang lebih rendah, air juga mengantarkan kita mencari tempat yang lebih rendah. artinya dalam kehidupan kita cenderung low profile, bukan berarti rendah diri tapi rendah hati. tidak meremehkan orang lain, tapi menghargai siapapun mereka yang ada di hadapan kita, kita apresiasi mereka, kita hormati mereka sebagaimana sifat bawaan kita yang selalu ingin dihormati orang lain.

Air, kalau dihambat semakin dihambat maka dia akan semakin kuat. itu pelajaran yang harusnya kita pelajari dalam hidup ini. kalau kita menghadapi hambatan maka bayangkan diri kita seperti air. karena air semakin dihambat maka akan semakin kuat arus dan semakin mempunyai suatu kekuatan yang luar biasa. munculnya pembangkit listrik tenaga air justru karena ada air yang dihambat. karena ada yang dihambat maka dia menghasilkan listrik. begitu pula kehidupan. kalu kita mengalami suatu hambatan-hambatan yang sangat besar, beruntunglah kita. sebentar lagi kita akan mempunyai arus yang sangat kuat, mempunyai tenaga yang luar biasa, maka bersyukurlah kepada Tuhan yang menciptakan hambatan itu.

Sekarang saya bawa jalan-jalan ke dunia API, api selalu mempunyai kecenderungan untuk naik keatas, tidak ada yang namanya lidah api itu kebawah, pasti akhirnya akan menjulur keatas walau diarahkan kebawah. karakter api selalu ingin diatas, dia tidak siap untuk dibawah. kalau kita ada diambang kemewahan, ada dalam posisi yang 'enak' kita cenderung ada sifat untuk tidak ingin jatuh kebawah. tentu saja dalam kehidupan ini kita tidak sukses 'abadi', ada kalanya kita gagal, tidak ada sukses yang abadi karena hidup itu bagaikan roda yang akan memutar siklus hidup setiap insan sejati. API, ada kharakter semakin dikipas semakin membesar. seseorang yang berkharakter api jika semakin dipuji maka dia akan semakin sombong.

Selanjutnya kita menengok UDARA. didalam lapisan troposfir ada suatu karakter. atmosfir kita mempunyai lapisan-lapisan seperti ionosfir, eksosfir, stratosfir dan troposfir. troposfir kita mempunyai karakter semakin tinggi kita berada, maka kerapatan udara akan semakin berkurang. density udara semakin berkurang, pasokan oksigen semakin berkurang. artinya apa?, semakin tinggi seseorang, seharusnya dia semakin merasa kurang dihadapan Tuhan-nya, semakin banyak kita diberi kenikmatan maka semakin kita merasa kurang, dalam artian semakin kita harus tahu bahwa kita kurang dalam syukur, kurang dalam mensyukuri nikmat yang dilimpahkan. 

Setelah kita sedikit berjalan-jalan di ketiga kharakter tersebut, seharusnya kita dapat mengkombinasikan cara berfikir seperti Air dan udara dan menjauhkan cara berfikir seperti kharakter api. semoga kita selalu dijadikan Allah insan-insan yang selalu bersyukur, selalu rendah hati dan sedikit dalam keluh kesah. Wassalam.