Home » , , » Siklus hidup Virus Komputer

Siklus hidup Virus Komputer

Baca Juga

Assalaamu’alaikum, setelah beberapa hari kemarin berbicara tentang chitika dan bidvertiser sekarang ruangsharing akan beralih ke topik yang lain yaitu tentang virus. Ya itung-itung pas lagi buntu alias bingung ingin posting bab apa ..hehe. disini saya kasih judul saja ‘ siklus hidup Virus Komputer ‘, biar nampak klop sama search engine-nya si abah google. 

Sudah menjadi topik paling wahid di dunia komputer bahwa virus ( dalam hal ini virus komputer ) tidak dapat dipisahkan keberadaannya sebagai ‘tamu’ yang seakan akan siap mengetuk, mengintip dan menjebol pintu utama ‘rumah’ kesayangan kita si Komputer. Disini saya tidak akan menjabarkan beberapa contoh virus atau cara-cara menanggulangi virus, tetapi Cuma ingin memberikan sedikit pengetahuan tentang siklus hidup suatu virus komputer yang mungkin banyak sobat yang belum mengetahuinya, bagi yang sudah hafal biar lebih hafal lagi…hehe. 

Siklus Hidup virus dapat dikategorikan menjadi 4 macam yaitu : 

1. Dormant Phase ( Fase tidur / istirahat ) 

Dimana pada fase ini sang virus tidak melakukan kegiatan sampai pada kondisi tertentu yang memicunya untuk hidup / bangun dari tidurnya untuk melakukan aksinya. Semisal pemicu virus ini adalah tanggal yang di-set khusus untuk menghidupkan virus atau ada pemicu dari program lain sehingga virus bangun karena program tersebut dijalankan. 

2. Propagation phase ( fase penyebaran ) 

Virus ini melakukan siklus hidupnya dengan cara meg-kloning dirinya, dia mencari celah yang aman untuk disusupi dan menelorkan dirinya disitu. Umpamanya virus itu mengkloning dirinya di flashdisk, disket, ataupun disk dalam suati jaringan. Virus dengan siklus jenis ini yang sering kita jumpai sekarang ini. 

3. Trigerring Phase ( fase aktif ) 

Pada siklus yang ini sang virus aktif setelah ada pemicunya dari hal hal lain seperti layaknya Dormant phase. 

4. Execution phase ( fase eksekusi ) 

Siklus yang satu ini adalah sederet berantai dari beberapa siklus diatas. Di dalam fase Execution ini-lah sang virus melakukan tugasnya seperti menghapus file, meng-gubah ekstensi file, me-rename bahkan memformat suatu hard drive-pun dilakukan oleh sang virus. 

Nah, sekarang sudah tahu kan sobat semua ?, semoga semakin menambah wawasan kita tentang dunia virus agar kita selalu waspada dan hati-hati meng-eksekusi suatu file agar aman dari virus komputer saat ini. Semangat terus buat sobat dan terima kasih. Wassalam.