Home » , , » Antena Modem 3G Paling sederhana

Antena Modem 3G Paling sederhana

Baca Juga

Assalaamu'alaikum. dari banyaknya pertanyaan di mailbox dari sobat-sobat saya yang menanyakan cara membuat Antena Modem 3G paling sederhana dengan peralatan seadanya pula, maka kali ini saya akan memposting tips sederhana memperkuat sinyal modem 3G tentu dengan peralatan seadanya pula dan tanpa perhitungan matematis seperti membuat antena wajan bolic.

Tentunya konsekwensi dari ' kesederhanaan ' ini tidak akan membuahkan hasil semaksimal bila kita membuat antena dengan perhitungan presisi dan alat yang spesifik pula. cara sederhana ini dulu sering saya lakukan dalam kondisi darurat asal bisa mendapatkan sinyal 3G yang lebih. alat yang digunakan juga seadanya tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

Sebelum kita melangkah dalam pembuatan antena modem 3G super sederhana ini, saya tunjukkan dulu perhitungan matematis antena modem dari wajan dengan moncong pipa paralon yang sering disebut dengan wajan bolic. Nah ini screenshot perhitungannya.



Gambar perhitungan diatas bila sobat ingin membuat antena modem yang lebih pas dan lebih powerfull menembak sinyal 3G. Kita tidak akan menggunakan perhitungan kompleks diatas alias kita akan menggunakan jurus ' awang-awang ' alias perkiraan dalam tips kali ini. walau sekedar perkiraan bukan berarti hasil yang didapat tidak memuaskan, kita akan mendapat sinyal lebih dan pastinya lebih baik dari pada tidak menggunakan metode kali ini.

Yuk mulai beraksi, pertama siapkan dulu Penutup panci atau wajan yang sudah tidak digunakan lagi. asal bentuknya melengkung dan masih rata. siapkan pula kawat 1-2mm yang nantinya digunakan sebagai penyangga modem. nantinya kita akan membuat seperti gambar dibawah ini.
  1. Pertama, lubangi penutup panci / wajan pas ditengah-tengah. untuk ukuran penutup panci / wajan terserah diameternya berapa, semakin besar semakin baik. 
  2. siapkan kawat yang lurus, boleh juga menggunakan kayu atau sejenisnya asalkan lurus.
  3. sekarang untuk perhitungan 'sederhana' dan perkiraannya sebagai berikut, untuk penutup panci dengan diameter kurang-lebih 50cm maka panjang kawat/penyangga modem kurang lebih 15-20cm. 
  4. usahakan memasang kawat / penyangga lurus agar sinyal fokusmemantul di tengah-tengah modem yang kita pasang nantinya.
  5. bila sudah terpasang seperti gambar diatas, dudukkan modem vertikal, melekat diujung penyangga tadi dengan bantuan isolasi atau kawat kecil. ( seperti gambar diatas ).
  6. Antena siap digunakan untuk menembak arah BTS provider.
  7. perlu diingat pula, panjang kabel extender USB/ kabel penyambung USB usahakan jangan sampai melebihi 3 meter, karena modem sering kekurangan pasokan daya alias tidak bekerja maksimal bahkan tidak terdeteksi di PC.
  8. untuk hasil sinyal yang sempurna, sobat bisa menggeser letak modem beberapa centimeter kedepan atau kebelakang. dan putar sedikit demi sedikit dalam menembak sinyal untuk mendapat gain yang kuat.
Nah, sederhana bukan ?. bila ada tips yang hanya menempelkan modem di permukaan wajan / penutup panci maka saya yakin lebih kuat cara diatas dalam memperkuat sinyal modem 3G sobat. itu pengalaman saya lho dan berhasil. jadi benar kata pepatah iklan ' buat apa bayar mahal, yang murah masih banyak ' hehehe.... kebalik tuh iklannya. selamat mencoba . Wassalam.