Home » » Mengenal apa itu CSS ?

Mengenal apa itu CSS ?

Baca Juga

Sudah maklum era sekarang bahwa bahasa dalam pemrograman web telah dipermudah oleh Cascading Style sheet atau yang kerap disingkat CSS. di sini saya akan sedikit mereview tentang apa itu CSS dan mengapa sekarang ini bahasa Standar HTML banyak yang beralih ke CSS sebagai pelengkap dan penyempurna kode-kode dari HTML itu sendiri.
CSS adalah suatu bahasa yang dikhususkan untuk mengatur gaya penampilan atau layout sebuah halaman web. disini CSS digunakan oleh programer web dan juga pengakses halaman web untuk mendefinisikan warna, huruf layout, dan semua aspek presentasi dokumen lainnya. CSS didesain untuk memisahkan antara isi dokumen yang ditulis menggunakan HTML atau bahasa lain yang sejenisnya dengan bentuk output-an  dokumen yang ditulis oleh CSS.

Pemisahan ini memberikan keuntungan adanya peningkatan dalam hal kinerja dan akses isi, menyediakan fleksibilitas lebih dan pengendalian spesifikasi karakteristik bentuk presentasi serta mereduksi kompleksitas dan perulangan-perulangan pada struktur isi HTML.

Disini, CSS juga memperbolehkan halaman yang sama di presentasikan dengan gaya yang berbeda atau dengan metode rendering yang berbeda pula. misalnya hasil rendering pada layar komputer, mesin pencetak, melalui suara ( screen reader ), dan pada peralatan berbasis braille. selain HTML, suatu bentuk bahasa markup ainnya seperti XML juga dapat memanfaatkan CSS untuk mengatur gaya tampilan yang kita inginkan.

Dalam konteks implementasinya, CSS didefinisikan melalui kode-kode style sheet yang dapat disertakan pada file HTML itu sendiri, atau terpisah dari file HTML. jika terpisah maka file style sheet harus kita beri ekstensi .css, untuk menandai bahwa file tersebut adalah file CSS. Setelah itu File CSS akan dapat direferensikan oleh HTML.

Maka dari itu CSS yang dipegang standarnya oleh badan nirlaba dunia World Wide Web ( W3C ),sekarang ini sudah menjadi standar baru bahasa para designer web untuk melengkapi kekurangan dari bahasa HTML dalam hal estetika.