Home » , , » Kehandalan Browser Google Chrome

Kehandalan Browser Google Chrome

Baca Juga


Google Chrome, siapa yang hari gini gak kenal sama saingan berat browser mozilla firefox . Google chrome sendiri telah digunakan oleh 160 juta lebih pengguna tetap sampai saat ini. Versi yang paling update chrome telah menggebrak dan menggegerkan dunia browser saat ini. Dengan berbagai kelebihan dan kehandalan yang ditawarkan maka pantas saja chrome akan menjadi rival berat firefox. Opera yang dulu pernah bertengger di atas chrome juga tersingkir jauh dan makin banyak ditinggalkan penggunanya.

Sebagai gebrakan fenomenal Vendor chrome juga mengadakan semacam kompetisi atau sayembara bagi para peretas software untuk mencoba kehebatan menjebol keamanan dan celah yang ada di chrome, tentunya dengan iming-iming hadiah total 9 milyar dipertaruhkan google chrome untuk ‘membayar’ siapa saja yang mampu menjebol browser tersebut. Kita juga tahu bahwa dalam dekade 3 tahun ini chrome tak tersentuh sedikitpun celah keamanannya oleh para peretas, lain halnya dengan pesaing-pesaingnya seperti firefox, safari, opera, dsb yang sudah berulang kali melakukan update keamanan.

Untuk yang ingin lebih mengenal bagaimana browser chrome menapak kepopulerannya maka di bawah ini akan saya ulas sedikit review jeroan si ‘chrome’ :
  • 1. Manajemen memory
Chrome memiliki manajemen memory yang jauh lebih baik daripada browser lain. Setiap satu tab yang dibuka pada chrome sebenarnya adalah satu aplikasi chrome itu sendiri. Bila di firefox kita mengalami crash sewaktu membuka banyak tab dan harus memulai ulang browser untuk load, maka di chrome lain lagi karena alokasi memori di setiap tab berdiri sendiri sehingga apabila ada crash dalam satu tab maka maka anda dapat dengan mudah men-drag tab keluar dari Chrome untuk membuat jendela Chrome yang baru.
  • 2. Tab Manager stand alone
Kita dapat melihat tab mana saja yang memakan banyak memory, dan bahkan kita juga dapat melihat penggunaan memory oleh suatu plugin yang sedang bekerja pada tab-tab tertentu.
  • 3. Javascript Virtual Machine stand alone
Javascript Virtual Machine pada Chrome dibuat oleh V8 Team yang ada di Denmark. V8 Team ini sudah sangat terkenal akan kemampuannya dalam membuat berbagai Virtual Machine, sehingga virtual machine yang diterapkan di Chrome ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dan untuk selanjutnya, Javascript Virtual Machine yang ada pada Chrome ini akan disebut dengan nama V8. dan juga V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding Virtual Machine atau Javascript Engine lain adalah karena V8 langsung meng-compiler javascript yang mereka temukan.
  • 4. Tampilan
Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. berarti Google Chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.
  • 5. Mode Penyamaran
Pada modus ini pengguna dapat dapat secara mudah meng-akses website dan berselancar aman tanpa meninggalkan jejak.
  • 6. Web Aplikasi
Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Treader dapat dijalankan lewat shortcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.
  • 7. Pengelolaan Resource Memory
Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika error / crash pada salah satu tidak akan meyebabkan seluruh tab browser berhenti bekerja. 
  • 8. Mode Pencarian
Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
  • 9. Anti phishing atau pembajakan
Google Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan di tebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.

Diatas merupakan sedikit review mengenai kehandalan Google chrome dan tentunya masih banyak kehebatan yang tidak dapat saya tuliskan disini, ntar capek yang baca... hehehe. Bagi sobat semua yang ingin  mendownload Browser Chrome silahkan sobat menuju ke beranda Chrome di link berikut ini www.google.com/chrome/ .