Home » » Hikmah Bila Postingan Hilang

Hikmah Bila Postingan Hilang

Baca Juga

Hikmah dibalik musibah, itulah kata yang saya rasa paling pantas saya ucapkan. mengapa sebenarnya ? ceritanya begini, kemarin saya kelabakan sama blog ini, Postingan saya hilang semua. padahal waktu saya cek di akun Blogger postingan saya masih 100% sempurna alias gak hilang, mau buka komentar dari teman juga gagal. lho kok bisa begitu ?, lanjut ya ceritanya :).

Tanpa saya sadari ternyata setelah saya cek permulaan setiap postingan saya yang mengandung komentar walaupun itu 1 saja comment maka postingan saya dipastikan tidak akan bisa terlihat lagi. dengan sedikit bingung akhirnya cuma teman satu-satunya-lah yang bisa mengobati rasa penasaran dan problem yang saya alami, yaitu 'Mbah' Google. berjam-jam saya memelototi satu per satu setiap postingan yang bersangkutan dengan 'hilangnya postingan di blog'. namun ... masih gagal juga.padahal mesin telusur google masih menyimpan perayapan blog saya walaupun saya tahu itu hasil pemotretan google 2 sampai 3 hari yang lalu.

Dengan sedikit menenangkan diri saya mulai memberanikan diri mengutak-atik script template blog saya. Nah, sampai akhirnya saya berhasil dengan senyum yang merekah karena blog saya tidak opname lama :) . di bawah ini kronologi dan opsi yang telah saya lakukan untuk mengobati 'Postingan yang sembunyi' entah kemana.
  • Saya berfikir bahwa mungkin postingan saya sudah dihapus dari chace Blogger.com, mengapa saya berani menyimpulkan demikian ?, karena banyak kasus di mesin telusur google mengatakan demikian. Ternyata saya SALAH !
  • Ada opsi yang ditawarkan sobat saya sesama blogger untuk membuat postingan ganda tapi dengan tanggal setelan tanggal yang sama. ternyata SALAH juga.
  • Saya sempat mencoba membuat duplikat postingan saya dengan tanggal berbeda dan itu juga GAGAL. mengapa gagal, ternyata setelah saya coba kasih komentar 1 saja postingan saya pasti tidak akan muncul lagi.
  • Dengan sabar saya dan penuh hati-hati karena masih pas-pasan di dunia script, saya beranikan diri memelototi dan meng'obok-obok' satu per satu baris perintah sambil saya bandingkan dengan script blog saya yang lain. hasilnya NIHIL juga.
  • Tanpa putus asa dan ini mungkin sudah takdirnya, saya Kembalikan semua tatanan script dari template saya ke kondisi 'default'. dari sini saya mulai membangun lagi satu per satu script yang saya inginkan. dan setelah saya preview... yupssss...BERHASIL.....
Ternyata, kebingungan dan kecerobohan sayalah yang akhirnya membuat saya jadi tidak fokus pada inti permasalahan. padahal fitur blogger sendiri sudah memasang tombol untuk mengembalikan semua template ke keadaan default, walaupun kita harus menata ulang hasil restore tadi.
Dari Pengalaman ini saya bisa sampaikan sesuatu yang terlalu kita sepelekan padahal fatal akibat-nya yaitu jangan lupa Menyimpan script Template sobat. karena kita tidak akan tahu blog kita akan seperti apa keesokan harinya. mulai sekarang Yuk rame-rame Back-up data Blog kita !
Mungkin cerita saya sudah terlalu panjang ya.... udah ngantuk nih... semoga besok pas bangun tidur Blog-ku gak rewel lagi :) .