Home » » Dilema Sebuah Warnet

Dilema Sebuah Warnet

Baca Juga

Warnet, siapa yang hari gini gak kenal sama yang namanya internet ?. untuk topik yang akan saya bicarakan disini adalah tentang kesiapan membangun sebuah warnet bagi pemula. ngapain ngomingin warnet segala sih, kan warnet sudah diambang akan gulung tikar karena suspensi dunia modem yang menawarkan segala bentuk kemudahan dan mobilitas bagi penggunanya ?. eits...stop jangan pesimis dulu dong, secara kasat mata mungkin bisa dikatakan warnet akan semakin redup oleh gerusan jaman, tapi yang perlu diingat adalah survey yang mengatakan bila pengguna internet masih didominasi remaja yang notabene belum mempunyai perangkat keras seperti PC pribadi. nah.. berkaca dari situ maka bagi yang masih gamang melakukan uji coba nyali untuk membuka usaha warnet maka patokan-nya bukanlah dari rumor melainkan dari kenyataan yang ada di sekitar kita, bahwa masyarakat masih membutuhkan sebuah solusi praktis untuk menjelajah dunia maya.

Belajar dari sebuah pengalaman, saya sendiri dulunya gamang untuk mendirikan warnet, tapi dengan modal nekat ( bukan nekat yang ngawur lho :) ) saya akhirnya secara finansial terbantukan dengan banyaknya pengunjung di warnet saya. yang penting dan perlu dijadikan patokan adalah mengenai demografis letak warnet yang akan kita jadikan usaha. mengapa begitu ?, karena faktor utama dalam menyusup ke pangsa pasar bisnis warnet tentunya kita sebagai pendatang baru akan banyak sekali problem yang harus kita hadapi salah satunya yaitu pesaing kita. jangan anggap remeh pesaing bila anda belum siap secara finansial dan sumberdaya bila saingan kita lebih elegan duluan dibanding kita. jadi, dalam suspensi ke pasar warnet jajaki dahulu seberapa kuat sumberdaya warnet yang akan kita raih sebagian membernya kelak.

Sekarang akan saya berikan sedikit tips untuk pemula ( seperti saya ) dalam memulai membangun bisnis sebuah warnet :
  • 1. Survei Lapangan, yaitu ukur jarak warnet yang akan kita bangun setidaknya dekat dengan keramaian khalayak. seperti dekat sekolah atau setidaknya jalan depan warnet ramai lalu lalang pelajar dan pekerja.
  • 2. Jarak antara warnet saingan setidaknya 3 km, untuk menghindari chaos yang berkepanjangan
  • 3. survei-lah seberapa besar pangsa pengunjung di warnet saingan kita, seperti apa dan bagaimana keinginan pengunjung.
  • 4. siapkan sumberdaya. Bila anda sudah mahir dalam dunia jaringan maka anda dinyatakan sudah menjadi pionir dan poin utama menuju sukses, bila tidak maka anda harus merogh kocek yang dalam untuk membayar jasa administrator jaringan warnet anda.
  • 5. siapkan hardware dan software sedikit lebih unggul diatas rival warnet anda, karena kehandalan warnet anda dimulai dari segi hardware yang mumpuni.
  • 6. Siapkan bandwith yang handal, dalam artian bila kita ingin mengundang pengunjung sebagai sarana promosi pertama maka jadikan bandwith senjata utama untuk kenyamanan browsing. jadi jangan buat kesan pertama pengunjung jadi kabur karena bandwith yang pas-pasan alias lemot
  • 7. Dan ini faktor yang penting juga yaitu kenyamanan tempat anda haruslah membuat pengunjung berlama-lama di depan PC. siapkan penyinaran yang bagus, dekorasi ruangan, camilan dan ingat jangan terlalu membunyikan baground music dalam ruangan terlalu keras, karena secara psikologis suara yang terlalu keras akan meningkatkan emosi dari si pengguna sehingga keadaan rileks saat browsing tak akan tercapai. jadi pelankan dan putar music yang mendayu-dayu seperti instrumentalia atau tembang nostalgia.
  • 8. Dan yang terakhir adalah finansial dan kesiapan mental. jadi mental juara akan menjadi juara disuatu hari kelak bila yakin dan telaten dalam menjalankan bisnis anda.

Bagaimana sobat, mau uji nyali untuk buka warnet ?. bila iya Berdo'a dan bersemangatlah, jangan patah arang dengan hanya melihat sukses rival kita. semangat...... !!!!